RENCANA PEMBELAJARAN SIKLUS II
Nama Sekolah : SMA
Muhammadiyah Bumiayu
Mata Pelajaran : Bahasa dan
Sastra Indonesia
Kelas/semester : X/I
Aspek :
Menulis
Standar
Kompetensi : 4. Mengungkap informasi dan
berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositoris)
Kompetensi
dasar : 4.1 Menulis gagasan dengan
menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
Indikator : Mampu
menulis gagasan dengan menggunakan pola
urutan
waktu dan tempat dalam bentuk paragraf
Alokasi waktu : 6 X 45
menit (3 pertemuan)
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menulis gagasan dengan menggunakan
pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf.
B.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Narasi
2. Menulis narasi
C.
TEKNIK DAN METODE PEMBELAJARAN
- Teknik
Reseptif
Produktif
- Metode
-
tanya
jawab
-
diskusi
-
ceramah
-
penugasan
-
demonstrasi
D.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
No.
|
Kegiatan
|
Metode
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1. Guru mengaitkan pengalaman siswa saat
pembelajaran pada siklus I
2. Guru menyampaikan kompetensi yang harus dicapai siswa pada hari itu, yaitu
menulis karangan narasi.
3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan
perubahan kondisi ruangan kelas
|
Tanya jawab
Ceramah
Ceramah
|
5 menit
|
2.
|
Inti
1. Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai
materi narasi sehingga guru mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang
akan disampaikan.
2.
Guru menyampaikan materi narasi, terutama
hal-hal yang belum dipahami siswa pada siklus I
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab
mengenai materi yang telah disampaikan
4. Guru memberikan penugasan untuk siswa
yaitu siswa menjawab beberapa pertanyaan mengenai materi yang telah
disampaikan
5. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan
mereka
6. Siswa dan guru mengoreksi hasil
pekerjaan siswa
7. Guru mengaitkan hasil pekerjaan siswa dengan
hasil karangan pada siklus I
8. Guru menyampaikan kembali kegiatan dalam
pembelajaran ini
9. Guru mengkondisikan kelas agar tenang dan membagikan teks wawancara yang baru dan berbeda dari siklus I yang akan dibaca oleh siswa
10. Siswa membaca teks wawancara tersebut untuk
menangkap semua informasi yang ada dalam teks wawancara serta menuliskan
hal-hal yang dianggap penting, sedang guru membantu siswa melakukan tugasnya
11. Siswa diberi penugasan untuk menuliskan
satu paragraf narasi dengan memperhatikan delapan aspek penulisan karangan
narasi
12. Guru membantu siswa menyunting
karangannya
|
Tanya jawab
Ceramah
Tanya jawab
Penugasan
Demonstrasi
Demonstrasi
Ceramah
Demonstrasi
Demonstrasi
Demonstrasi
Demonstrasi
|
75 menit
|
3.
|
Penutup
1. Guru dan siswa mendiskusikan hasil
tulisan siswa
2. Siswa mengumpulkan hasil tulisan mereka
3. Siswa mengisi catatan
harian
|
Diskusi
Demonstrasi
Demonstrasi
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua
No.
|
Kegiatan
|
Metode
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1. Guru dan siswa bertanya jawab mengenai
kondisi hari itu
2. Guru menjelaskan bahwa kegiatan
selanjutnya yaitu membahas tentang menulis narasi
|
Tanya jawab
Ceramah
|
5 menit
|
2.
|
Inti
1. Guru dan siswa berdiskusi mengenai kegiatan
pembelajaran sebelumnya berdasarkan karangan terbaik pada pertemuan
sebelumnya
2. Guru mengingatkan kembali kerangka acuan dalam
menulis narasi berdasarkan teks wawancara
3. Guru mengkondisikan kelas agar tenang
4.
Guru membagikan
kembali teks wawancara baru dan
berbeda dari siklus I
5. Siswa membaca teks wawancara dengan arahan dari guru
6. Berdasarkan hasil diskusi pada pertemuan sebelumnya siswa menulis
kerangka karangan
7. Guru bersama siswa mengidentifikasi kerangka
karangan tersebut dan acuan dalam menulis narasi
8. Siswa menuliskan gagasan dalam bentuk narasi
sesuai dengan contoh yang telah diberikan
9. Siswa bersama-sama guru menyunting hasil tulisan
mereka
10. Siswa mengumpulkan karangan.
|
Diskusi
Demonstrasi
Demonstrasi
Demontrasi
Demonstrasi
|
75 menit
|
3.
|
Evaluasi
1.
Guru dan siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar hari itu
2.
Guru meminta
kepada siswa untuk mengisi catatan harian siswa tentang pembelajaran hari itu
|
Demonstrasi
Demonstrasi
|
10menit
|
Pertemuan Ketiga
No.
|
Kegiatan
|
Metode
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1. Guru melakukan apersepsi
2. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran
hari ini
|
Ceramah
Ceramah
|
5 menit
|
2.
|
Inti
1. Guru mengingatkan kembali materi yang
telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru mengkondisikan siswa untuk tenang
3. Guru membagikan teks wawancara baru dan berbeda dari siklus I yang telah disiapkan
4. Siswa membaca dan mengidentifikasi teks
wawancara yang telah dibagikan
berdasarkan petunjuk guru pada pertemuan sebelumnya
5. Siswa menulis kerangka karangan, guru
mengarahkan agar tetap tenang
6. Siswa menulis karangan
7. Siswa menyunting karangan yang telah
dibuat dengan petunjuk guru
8. Siswa mengumpulkan karangan
|
Ceramah
Demonstrasi
Demonstrasi
Demonstrasi
Demonstrasi
Demonstrasi
Demonstrasi
|
80 menit
|
3.
|
Penutup
1. Guru melakukan refleksi
2. Guru meminta siswa untuk mengisi catatan
harian
|
15 menit
|
E.
SUMBER, MEDIA, DAN ALAT PEMBELAJARAN
a. Sumber
1. Buku
Petunjuk Praktis Menulis karya
Agus Suriamiharja
2.
Buku karangan Nursisto Penuntun
Mengarang
3. Pedoman Ejaan
yang Disempurnakan
4. Tulisan narasi
b. Media
1. Teks wawancara
c. Alat
1. Papan tulis dan kapur
F.
PENILAIAN
1. Teknik penilaian : proyek , penugasan
2. Bentuk instrumen: rubrik
3. Soal atau instrumen:
Bacalah teks wawancara berikut! Cermati isinya
dan tulislah apa yang ada dalam pikiran
Anda dalam bentuk narasi dengan memperhatikan :
-
pengembangan
ide
-
rangkaian
peristiwa
-
penggambaran
tokoh
-
penggambaran
latar
-
susunan
kronologis
-
ejean
dan tanda baca
-
kohesi
dan koherensi
-
kerapian
tulisan
Bumiayu,
Januari 2010
Mengetahui ,
Guru Mata Pelajaran Peneliti
Drs. Datin Turmiasih
NBM 706528 NIM
2101406006
Kepala Sekolah
M. Fakih Maftuh, S.Ag.
NBM 761688
Tidak ada komentar:
Posting Komentar