RENCANA PEMBELAJARAN SIKLUS I
Nama Sekolah : SMA
Muhammadiyah Bumiayu
Mata Pelajaran : Bahasa dan
Sastra Indonesia
Kelas/semester : X/I
Aspek : Menulis
Standar Kompetensi : 4. Mengungkap informasi dan berbagai bentuk
paragraf (naratif,
deskriptif,
ekspositoris)
Kompetensi dasar : 4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan
pola urutan waktu dan
tempat
dalam bentuk paragraf naratif
Indikator : Mampu
menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu
dan tempat dalam bentuk paragraf
Alokasi waktu : 6 X 45
menit (3 pertemuan)
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menulis gagasan dengan menggunakan
pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf.
B.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Narasi
2. Menulis narasi
C.
TEKNIK DAN METODE PEMBELAJARAN
- Teknik
Reseptif
Produktif
- Metode
-
Tanya
jawab
-
Diskusi
-
Ceramah
-
Penugasan
-
Demonstrasi
D.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
No.
|
Kegiatan
|
Metode
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1. Guru mengaitkan pengalaman siswa dalam menulis
karangan narasi pada pertemuan sebelumnya
2. Guru menyampaikan kompetensi yang harus dicapai siswa pada hari itu, yaitu
menulis karangan narasi.
3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
|
Tanya jawab
Ceramah
Ceramah
|
5 menit
|
2.
|
Inti
1. Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai
materi narasi sehingga guru mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang
akan disampaikan.
2. Guru menyampaikan materi narasi
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab
mengenai materi
4. Guru mengkondisikan kelas agar tenang dan
membagikan teks wawancara yang akan dibaca oleh siswa
5. Siswa membaca teks wawancara tersebut untuk
menangkap semua informasi yang ada dalam teks wawancara serta menuliskan
hal-hal yang dianggap penting, sedang guru membantu siswa melakukan tugasnya
6. Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai
hal-hal yang telah diindentifikasi
7. Guru menerangkan kaitan antara teks wawancara
dan karangan narasi
8. Guru meminta siswa membaca kembali teks
wawancara dan diubah menjadi kerangka karangan narasi berdasarkan hasil
diskusi sebelumnya
9. Guru menugasi siswa untuk menulis narasi berdasarkan kerangka yang
telah dibuat
10. Siswa bersama guru menyunting hasil tulisan siswa
|
Tanya jawab
Ceramah
Tanya jawab
Demonstrasi
Demonstrasi
Diskusi
Ceramah
Penugasan
Demonstrasi
Penugasan
Demonstrasi
|
75 menit
|
3.
|
Penutup
1. Guru dan siswa mendiskusikan hasil tulisan siswa
2. Siswa mengumpulkan hasil tulisan mereka
3. Siswa mengisi catatan harian
|
Diskusi
Demonstrasi
Demonstrasi
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua
No.
|
Kegiatan
|
Metode
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1. Guru dan siswa bertanya jawab mengenai
kondisi hari itu
2. Guru menjelaskan bahwa kegiatan
selanjutnya yaitu membahas tentang menulis narasi
|
Tanya jawab
Ceramah
|
5 menit
|
2.
|
Inti
1. Guru dan siswa berdiskusi mengenai kegiatan pembelajaran
sebelumnya berdasarkan karangan terbaik pada pertemuan sebelumnya
2. Guru membagikan kembali teks
wawancara
3. Siswa membaca teks wawancara dengan arahan dari guru
4. Berdasarkan hasil diskusi pada pertemuan sebelumnya siswa menulis
kerangka karangan
5. Guru bersama siswa mengidentifikasi kerangka karangan tersebut dan acuan
dalam menulis narasi
6. Siswa menuliskan gagasan dalam bentuk narasi
sesuai dengan contoh yang telah diberikan
7. Siswa bersama-sama guru menyunting hasil tulisan
mereka
8. Siswa mengumpulkan karangan.
|
Diskusi
Demonstrasi
Demonstrasi
Demonstrasi
|
75 menit
|
3.
|
Evaluasi
1.
Guru dan siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar hari itu
2.
Guru meminta
kepada siswa untuk mengisi catatan harian siswa tentang pembelajaran hari itu
|
Demonstrasi
Demonstrasi
|
10menit
|
Pertemuan Ketiga
No.
|
Kegiatan
|
Metode
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1. Guru melakukan apersepsi
2. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran
hari ini
|
Ceramah
Ceramah
|
5 menit
|
2.
|
Inti
1. Guru mengingatkan kembali materi yang
telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Guru mengkondisikan siswa untuk tenang
3. Guru membagikan teks wawancara yang
telah disiapkan
4. Siswa membaca dan mengidentifikasi teks
wawancara yang telah dibagikan
berdasarkan petunjuk guru pada pertemuan sebelumnya
5. Siswa menulis kerangka karangan, guru
mengarahkan agar tetap tenang
6. Siswa menyunting karangan yang telah
dibuat dengan petunjuk guru
7. Siswa mengumpulkan karangan
|
Ceramah
Demonstrasi
Demonstrasi
Demonstrasi
Demonstrasi
Demonstrasi
Demonstrasi
|
80 menit
|
3.
|
Penutup
1. Guru melakukan refleksi
2. Guru meminta siswa untuk mengisi catatan
harian
|
|
15 menit
|
E.
SUMBER, MEDIA, DAN ALAT PEMBELAJARAN
a. Sumber
1. Buku
Petunjuk Praktis
Menulis karya Agus Suriamiharja
2. LKS ”TUNTAS
kelas X”
3. Tulisan narasi
b. Media
1. Teks wawancara
c. Alat
1. Papan tulis dan kapur
F.
PENILAIAN
1. Teknik penilaian : tes tertulis, penugasan
2. Bentuk instrumen: rubrik
3. Soal atau instrumen:
Bacalah teks wawancara berikut! cermati isinya
dan tulislah apa yang ada dalam pikiran
Anda dalam bentuk narasi dengan memperhatikan :
-
pengembangan
ide
-
rangkaian
peristiwa
-
penggambaran
tokoh
-
penggambaran
latar
-
susunan
kronologis
-
ejean
dan tanda baca
-
kohesi
dan koherensi
-
kerapian
tulisan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar